Tag

Pergantian musim secara resmi telah dideklarasikan oleh situs terkemuka prakiraan cuaca uk.weather.com pada tanggal 20 Maret lalu. Beberapa hari sebelumnya, bunga Iris Reticulata bermekaran menandai hampir datangnya musim semi. Sayang, keelokan si Ungu ini hanya bertahan tidak lebih dari dua pekan, berganti kecantikan daffodil yang menghiasi hampir seluruh taman kota.

Munculnya putik – putik mungil di awal musim semi tersebut menandai keceriaan Eropa yang sebentar lagi akan datang, bahkan sedang dimulai, saat ini. Cuaca cerah penuh  cahaya matahari telah diprediksi akan mendominasi pekan pertama musim semi.

Spring in the University of Manchester

Spring in the University of Manchester

Sebagaimana bunga, taman – taman juga mulai diramaikan oleh pengunjung. Lahan hijau kini tidak lagi kosong. Meski dahan – dahan pepohonan masih kerontang miskin daun, namun keindahan daffodil dan hangatnya matahari mampu menggugah keceriaan manusia di bumi barat ini.

Bersila di atas rerumputan, berkelakar sampai bermain permainan terbuka menjadi aktivitas menyenangkan saat ini, mengingat keberadaan taman dapat ditemukan hampir di setiap bagian dari kota ini. Kemuraman musim dingin telah usai. Jaket – jaket tebal mulai ditinggalkan, berganti cardigan tipis pembalut kulit. Boot2 tinggi kini bertukar sepatu datar ala spring, meski semi belum benar – benar datang.

Berada pada suhu minimal 8 derajat celcius berarti cukup aman untuk terbebas dari mantel wool, bahkan di malam hari. Meski suhu yang paling menyenangkan adalah berkisar antara 11 hingga 16 derajat celcius.

Kemampuan tubuh manusia untuk beradaptasi sungguh luar biasa. Dulu, di minggu pertama peralihan dari iklim tropis ke iklim sedang, tubuh ini masih harus berbalur jaket supertebal di suhu 14 derajat celcius. Tapi kini, setelah ditempa tiga bulanan berada pada suhu di kisaran nol derajat pada musim dingin lalu, maka 14 derajat adalah berarti hangat, layaknya suhu normal.

Cuaca boleh saja menghangat, namun kecepatan angin juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Di negeri yg sangat berangin ini, teriknya sinar matahari bisa bukan berarti apa2 jika dibarengi angin dingin berkecepatan 15 mph. Tubuh akan tetap saja menggigil.

Pergantian musim semi kemudian akan disusul dengan pergantian British Summer Time (BST) tepat pada hari Minggu terakhir bulan Maret, membuat rentang waktu antara UK – Indonesia tidak lagi 7 jam, tetapi kembali menjadi 6 jam. Sebuah ciri khas negara 4 musim.

Iklan