Tag

, , ,

Pasar Tradisional Menjelang Natal

Sejak satu setengah bulan sebelum perayaan Natal yang sesungguhnya tiba, suasana di negeri berpenduduk mayoritas Kristiani ini terlihat gemerlap oleh pernak pernik khas Natal. Pohon cemara asli maupun tiruan lengkap dengan aksesorisnya dapat ditemukan hampir di seluruh sudut kota. Lampu warna – warni bergambar pohon natal beserta mistletoe-nya menghiasi setiap tepian jalan. Beraneka hiasan natal menyemarakkan toko – toko dan berbagai tempat umum. Mengingatkan khalayak bahwa Natal sudah di depan mata.

Salah satu keunikan dari perayaan Natal di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya adalah penyelenggaraan Christmas Market, atau Pasar Natal. Pada umumnya Christmas Market mulai dibuka sejak 4 minggu sebelum Natal. Biasanya pasar ini terletak di alun – alun kota atau berdekatan dengan area pejalan kaki di pusat kota.

Sejarah Pasar Natal berawal di Jerman pada akhir abad pertengahan. Dresden Christmas Market adalah pasar natal tertua yang pertama diadakan pada tahun 1434. Mirip dengan bazar atau pameran yang sering diadakan di Indonesia menjelang hari – hari besar nasional, produk yang dijual di Christmas Market pun beragam, yaitu berupa makanan, minuman, tanaman, pakaian dan cindera mata khas negara – negara Eropa.

Lots of Chocolates

Lots of Chocolates

Manchester Christmas Markets

Di Manchester sendiri Christmas Market dimulai dari tanggal 18 November dan akan berakhir pada tanggal 22 Desember. Setiap harinya pasar mulai beroperasi pada pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. Pesertanya  bukan hanya berasal dari toko dan pengrajin lokal, namun justru sebagian besar datang dari berbagai negara Eropa, misalnya Jerman, Belanda, Rusia dan Italia.

Terdapat delapan Christmas Market di sekitaran city centre, di antaranya Albert Square, Brazennose Street, King Street, St Ann’s Square, Exchange Street, New Cathedral Street, Exchange Square dan Triangle. Meskipun lokasinya berdekatan, masing – masing pasar menawarkan suasana dan ragam produk yang berbeda. Di Exchange Street misalnya, produk lebih didominasi hasil seni dan kerajinan serta perhiasan berbahan dasar perak dan kaca. Berbeda dengan pasar Brazennose Street yang lebih banyak menawarkan kerajinan buatan tangan dan perkakas rumah tangga. Sedang di German Market, yang merupakan Pusat christmas market terbesar di sekitaran Manchester City, terdapat lebih banyak produk yang ditawarkan. Misalnya souvenir dari Jerman berupa pajangan rumah – rumahan khas Jerman, perhiasan kaca dari Transylvania, berbagai jenis Keju dan mini pancakes dari Belanda, pastry ala Perancis dan tidak kalah menarik hiasan boneka berbahan dasar kayu dari Rusia.

Rumah - rumahan ala Jerman

Rumah - rumahan ala Jerman

 

Sesuai dengan budaya yang umum berlaku di belahan dunia bagian barat, tempat yang paling ramai dikunjungi di setiap market adalah bar atau kedai minuman yang menyajikan bermacam jenis minuman, beralkohol maupun tidak, dengan berbagai diskon menarik. Sebagian besar pengunjungnya adalah orang – orang berusia lanjut yang lebih senang bercengkerama bersama kolega atau teman sejawatnya di area terbuka dan terkesan tradisional semacam ini. Sedang anak muda di kota ini masih cenderung menyukai clubbing di tempat – tempat yang lebih eksklusif seperti the Printworks.

Menandai kemeriahan Natal, pasar malam di pusat kota dihiasi dengan sebuah boneka snowman raksasa yang terletak tepat di depan Balai Kota Manchester, tempat yang selalu bergaya ‘Victorian’ di kota manapun di UK. Bukan terbuat dari salju selayaknya snowman sungguhan, melainkan terdiri dari ratusan lampu warna – warni. Si snowman raksasa duduk manis di atas panggungnya sebagai simbol bahwa natal akan segera tiba.

Di beberapa kota lain, seperti Lincoln, Rochester dan Clayton, penyelenggaraan Christmas Market mengalami penundaan akibat kondisi cuaca yang amat buruk. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi kemeriahan pasar tradisional yang sudah menjadi tradisi selama lebih dari 28 tahun. Kemeriahan pasar natal di UK dapat dibayangkan sebagaimana semarak malam takbiran di Indonesia. Jika di Indonesia seluruh kota tiba-tiba dipenuhi warna hijau dan kuning menjelang lebaran, maka di Manchester seluruh kota mendadak menjadi “merah” dan “hijau” di bulan Desember.

Albert Square Christmas Market

Albert Square Christmas Market

Iklan