Tag

Ketika bayi dulu kita belum mengerti apa itu perayaan ulang tahun, hanya orang – orang di sekitar yang terlihat 100 kali lebih bahagia daripada hari – hari lainnya. Mm, mungkin perayaan dimaksudkan sebagai momen perkembangan aktifitas si kecil yang semakin hari semakin pesat. Ketika berumur 8 tahun, kita merengek sendiri kepada orang tua untuk merayakan hari jadi dengan sejadi – jadinya. Makna ulang tahun masih berupa jumlah kado yang diterima dan ciuman sayang dari orang – orang terdekat. Beranjak remaja, ulang tahun masih merupakan momen hura – hura. Bertambah tahun sama dengan Bahagia. Namun ketika dewasa, menurut anda apakah arti pertambahan usia itu sebenarnya?

Beberapa pendapat mengatakan bahwa bertambahnya usia adalah berarti berkurangnya masa hidup di muka bumi. Ulang tahun sama dengan Mendekatkan diri pada kematian. Takut? Bukankan kematian juga berarti selangkah lebih dekat dengan pertemuan kepada Sang Khalik? Kematian yang Khusnul Khotimah tentu saja. Jika berarti demikian, lalu perbuatan apakah yang selayaknya kita lakukan dengan sisa umur di dunia? Introspeksi, Istighfar, Istiqomah.

Dari segi psikologi, bertambahnya usia adalah berarti pendewasaan pribadi. Pola pikir, sikap dan sifat yang harus dijaga mendominasi tingkat kebijaksanaan seseorang. Segala sesuatu yang pernah dilakukan orang tua, yang dulu kita anggap kolot, akhirnya menjadi jelas maksud dan tujuannya. Ada titik kedewasaan yang terkadang sulit dicerna oleh emosi kejiwaan, tetapi akan menjadi mungkin ketika dipadukan dengan akal pikiran.

Subhanallah, semoga mampu menjadi sebaik – baiknya manusia. Semoga mampu menjadi seorang “Sofiarti Dyah Anggunia” << akhirnya mengerti indahnya makna nama yang diberikan.