Sahana adalah web manajemen bencana berbasis aplikasi yang menyediakan solusi manajemen, dengan fokus pada skala besar bencana kemanusiaan. Ini memungkinkan peningkatan koordinasi dengan mempromosikan pengumpulan informasi terpadu, juga membantu kolaborasi dengan menyediakan sejumlah mekanisme komunikasi sebagai akibat dari sebuah bencana. Sahana dibangun sebagai perangkat lunak open source dan dirilis di bawah GNU Lesser General Public Licence, yang berarti semua pengguna bebas untuk download dan menggunakannya.

Modul :

Situation Mapping (Pemetaan Situasi)

Modul Pemetaan Situasi menyediakan mekanisme untuk bersama-sama memberikan tinjauan tentang perkembangan bencana, menggunakan pemetaan online (GIS). Modul ini membantu untuk melihat peta daerah tertentu dan menyediakan fasilitas untuk menambahkan tanda dan gambar ke titik kejadian pada peta.Sangat dimungkinkan untuk mendapatkan informasi tentang distribusi daerah bencana menggunakan Pemetaan Situasi.

Missing Person Registry (Daftar Orang Hilang)

Missing Person Registry adalah papan buletin online yang mengatur daftar orang-orang hilang dan korban yang ditemukan, serta informasi tentang orang-orang yang mencari mereka, meningkatkan kemungkinan dan kemudahan dalam menemukan identitas korban. Walaupun tidak menawarkan otomatisasi berupa pemberitahuan bila seseorang yang ditemukan, namun Sahana memungkinkan seorang sukarelawan untuk melakukan pemantauan dan pemberitahuan secara manual (misalnya, melalui kontak telepon).

Disaster Victim Registry (Daftar Korban Bencana)

Disaster Victim Registry adalah sebuah pusat penyimpanan online di mana informasi semua korban bencana dan keluarga, terutama identifikasi korban dan pengungsi dapat disimpan. Informasi tersebut meliputi nama, umur, nomor kontak, nomor kartu identitas, lokasi yang terlantar, dan rincian lainnya. Foto dan sidik jari seseorang dapat di-upload ke dalam sistem, sangat membantu untuk korban hidup dan mati yang tak dikenal.

Organization Registry (Daftar Organisasi / Satkorlak)

Organization Registry melacak semua organisasi-organisasi bantuan dan cabang-cabang mereka yang bekerja di daerah bencana. Tidak hanya menyediakan informasi tempat-tempat di mana mereka aktif, tetapi juga mencakup informasi mengenai berbagai layanan yang mereka sediakan di setiap daerah.

Request/Aid Management (Manajemen Pendistribusian Bantuan)

Sahana Request / Aid Management System adalah sebuah pusat penyimpanan online dimana semua organisasi-organisasi bantuan, sukarelawan, satkorlak dan pemerintah dapat mengkoordinasikan pasokan bantuan dengan kebutuhan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengalokasikan sumber daya yang tersedia untuk memenuhi permintaan secara efektif dan efisien.

Shelter Registry (Daftar Tempat Penampungan)

Modul Shelter Registry digunakan untuk mengelola tempat penampungan / perkemahan ketika bencana terjadi. Memetakan, menyimpan dan melihat informasi tempat penampungan. Modul ini membantu untuk menginformasikan dan melaporkan tempat -tempat penampungan berupa lokasi, kapasitas, informasi kontak, dll. Tempat Penampungan dapat berupa perkemahan, tempat penampungan sementara menggunakan bangunan permanen atau rumah sakit mobile. Shelter Registry berguna untuk mengalokasikan tempat penampungan ke wilayah yang membutuhkan, mengidentifikasi kapasitas dan kebutuhan.

Inventory Management (Manajemen Inventarisasi)

Tempat Penyimpanan berisi semua barang dan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melayani orang yang terkena dampak maupun sukarelawan. Semua catatan tentang item dalam persediaan dapat disimpan, dipantau dan dikelola dengan menggunakan Inventory Management Module.

Volunteer Management (Manajemen Sukarelawan)

VCS memungkinkan penyediaan sarana bagi organisasi-organisasi sukarelawan agar dapat dengan mudah memverifikasi dan mengidentifikasi sukarelawan.

Messaging Module (Modul Penyampaian Pesan)

Media komunikatif berupa sms, e-mail peringatan dan / atau pesan-pesan kepada berbagai kelompok dan individu sebelum, sesudah dan selama bencana. Messaging Module menyediakan cara yang mudah untuk mengelompokkan nomor ponsel dan alamat e-mail. (Linux only)

Resources Module (Modul Sumber Daya)

Kemampuan untuk membuat konten berbasis HTML yang mudah untuk menggunakan editor WYSIWYG (Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan) membuat pengelolaan informasi dalam Sahana menjadi sangat mudah.

Catalog System (Sistem Pendaftaran)

Dalam situasi bencana, penyediaan bantuan berperan penting dalam melayani korban bencana, maka dari itu diperlukan pengelolaan barang persediaan yang efektif. Dalam Catalogue modul, barang-barang ini dapat dikelola secara efisien dan akurat.

Reporting System (Sistem Pelaporan)

Dengan sahana, apa pun yang diinputkan oleh para pengguna ke sistem, dapat dilihat dengan cara yang terorganisir sehingga didapatkan gambaran mengenai situasi dan pengelolaan bencana.

Synchronization System (Sinkronisasi Sistem)

User preferences (Preferensi Pengguna)

Snapshot Module (Modul Foto)

source : http://wiki.sahana.lk/