Tag

Bila Anda tak mampu bersedekah dengan harta, bersedekahlah dengan senyum.

Senyum adalah hal kecil yang bisa menimbulkan efek luar biasa. Senyum bukan sekedar menggerakkan otot-otot muka, tetapi lebih kepada pergerakan suasana hati. Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.

Macam-macam Senyuman

1. Senyum sinis

adalah senyum yang mencerminkan ketidaksukaan atau cemoohan, biasanya diakibatkan oleh rasa iri dan dengki. Jenis senyuman ini sebenarnya kurang enak dipandang mata, terutama bagi korban, namun bagi si pemberi senyuman hal ini sesungguhnya merupakan suatu bentuk ketidakpercayaan diri (baca : terserang penyakit hati).

2. Senyum menggoda

adalah senyuman yang mampu membuat orang lain takluk / tunduk. Jenis senyum ini bisa diberikan sengaja maupun tidak sengaja. Hati-hati terhadap senyuman ini, karna mungkin saja si pemberi senyuman secara sengaja menggoda orang lain untuk melakukan maksud dan tujuan tertentu.

3. Senyum ketabahan / ketegaran

adalah jenis senyum yang menggambarkan ketabahan seseorang, dikala duka atau bersedih, si pemberi senyum ini dengan ikhlas berbagi senyum terbaiknya. Jenis senyuman ini lumayan sulit diterapkan, membutuhkan tenaga dan kekuatan ekstra untuk menyunggingkan senyum di tengah kesedihan yang melandanya. Yang dipikirkan oleh orang-orang ini adalah bahwa “orang lain tidak perlu tahu keburukan / musibah yang melanda dirinya sendiri”. Subhanallah…

4. Senyum tulus

adalah senyum yang diberikan dengan tulus untuk tujuan membahagiakan orang lain. Mirip dengan senyum ketabahan, namun jenis senyum ini tidak terbatas pada kondisi dan keadaan psikologis seseorang.

Senyum menurut fie

Menurut salah seorang dokter, senyum hanya mengandalkan 17 otot wajah, sementara cemberut membutuhkan tarikan 32 otot wajah. Lebih mudah senyum kan daripada cemberut?? tapi kenapa ada orang-orang tertentu yang lebih senang cemberut daripada tersenyum?

Kalau menurut fi, senyum itu bukan hanya bagian dari ekspresi keadaan jiwa, tetapi justru pengontrol suasana hati dan perilaku. Ketika bersedih, sesulit apapun, cobalah tersenyum, sekalii saja..maka hati akan mengikuti pola senyum yang kita buat tadi. Hidup akan terasa lebih ringan. Manfaatnya selain mengubah suasana hati, juga dapet plus pahala karena membuat orang lain ikut senang. Siapa sih yang tidak suka diberi senyum tulus dari orang lain? ada aura kedamaian yang disampaikan ketika seseorang tersenyum. Tidakkah kita ingin melihat dunia menjadi lebih indah? So, keep smiling..!! πŸ™‚

Taken from h e r e

Iklan