Beberapa hari yang lalu, gw sekeluarga berkunjung ke rumah bude yang tinggalnya di daerah menjelang Rasau Jaya, kesononya Kuala Dua, biasanya orang nyebutnya Kuala Dua Setengah, hehe..paas di depan pabrik nanas yang belon jadi. Si bude mah paling rajin maen ke ponti, bukan cuman pas lebaran yang biasanya dateng di hari pertama, tapi juga misalnya begitu denger ada anggota keluarga sini yang sakit ato melahirkan, ato ketimpa musibah, uuh ga pandang mo naek apa juga pasti langsung deyh ngaciir ke rumah, kalo bisa jalan kali mah udah jalan kaki kali si bude + anak-anak & cucu-cucunya.

Disana rumah-rumahnya masih jarang, pakis-pakis masih liar tumbuh di tepi-tepi jalan. Tumbuhan rawat yang banyak dijumpai disana paling-paling nanas, jagung ato pepaya, pisang juga ada dikit-dikit, secara ni daerah tanahnya masih gambut. Uuuh, masi inget waktu beberapa taun kesini, paas lagi kemarau, banyak kebakaran hutan, dan salah satunya di daerah sini, bisa-bisanya ga ada angin ga ada hujan si api tiba-tiba menjalar di kebon samping rumah, udah berjarak beberapa meter lagi deket rumah, sontak seluruh anak cucu, ga cowok ga ga cewek, ga bayi ga tua *eh, hiperbola dink*, berduyun-duyun ambil ember, isi air “teh” di parit, trus siramin ke arah api, padahal jarak parit – api mayan jauh kalo ga ditempuh dengan selang air. Selang beberapa menit alhamdulillah api mulai menjinak, tapi wait, harus bener-bener dipadamin tu api, masalahnya di lidah merah bisa-bisanya lho ngumpet di balik tanah gambut yang berongga, tar di saat-saat tak terduga bisa naik lagi ke permukaan, pa lagi kalo udah kena daun-daun kering, bwuih..bisa cepet merambatnyah, heheh..ituw pengalaman pertama gw jadi petugas pemadam kebakaran, hihihi…

Next, lanjut ke acara lebaranan…
Saking udah lamanya ga pernah kesempetan maen kesana, si Om-om pada hampiir salah rumah, untunglah segera menyusul dua wanita cakep nyang menunggangi Vega *halah*, yang satu emang uda bolak-balik rasau-ponti dia mah, nah gw kebetulan baru beberapa bulan lalu ngenterin Enyak nengokin sini. Begitu nyampe yang dirinduin mah semilir angin + sejuk-sejuknya udara hijau di desa, haiiih…

rasau3

Abis salam-salaman, yuhuuu….tiba saatnya…obrak-abrik Qansaaah…!!! heh2..

rasau4

 hmm…semilir angin assoy euy..

 

 

 

 hiekz…fotografer narsis :

rasau1

nah, abis berfoto-foto ria, tiba-tiba ibu pengen jalan mpe Rasau, yah, nginget2 masa lalu bo’, udah hampir 7 atau 8 taun lalu terakhir kali kami sekeluarga bener-bener nyampe sana, bukan masalah jarak, tapi momennya itu lho, kalo dulu mah enak, Bapak paling sering ngajakin jalan-jalan, iyaps, pake 1200 A yang sekarang lagi rawat jalan di rumah, hehe.. Mumpung bareng dua keluarga laennya (yang satu adek ibu & yang satunya adek bapak), jadi qta konvoi dah mo ngerasain bakso + soto Rasau, hihihi…

rasau2

Yang bikin beda, suasana kampung di sana mirip ma di JAwa, jad i serasa lagi makan mie ayam di Mbiroto, ehehehe..pasti ibu, bule’ & om2 pada kangen kampung halaman tuwh…kalo qta anak2nya mah enak-enak ajah makan bakso, kekeke..Hmm…yummy..dah kenyaaaaang…mari kita pulang!

Oups, ke arah pulang awan mendung udah bergelayut hampir jatuh di atas sana, dan bener, di tengah jalan pulang, hujan tiba-tiba turun dan makin lama makin deres. Ah, sayangnya motor om No ga dilengkapi jas hujan, hiekz…terpaksalah satu rombongan ditinggalin berteduh di kios-kios buah di tepi jalan. Hujannya minta ampuun deresnya, bahkan udah pake jas hujan pun masih kuyup dibuatnya. Perjalanan mayan jauh ditambah genangan air di setiap 10 meter di depan. Rencana bawa keluarga maen ke mall battal dehh.. Sampe di rumah kakak sepupu, yang tinggalnya ga jauh dari rumah bude tadi, gw & mbak ut belagak sok pahlawan mo nyelametin satu rombongan yang tadi tertinggal. Ujannya si ga masalah, tapi dingiinnyaaa itu lho, brrrr… ampe gemeretakan ni gigi…