Sabar dan Ikhlas

aac.jpg

aac4.jpg

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai pemimpinmu, Sesunguhnya Allah beserta orang – orangyang sabar

(QS. Al Baqarah : 153)

Sabar & Ikhlas

Pelajaran terpenting dalam film dan novel fenomenal Ayat-Ayat Cinta. “Allah sedang berbicara kepadamu tentang Sabar dan Ikhlas“, begitu terasa sejuk menusuk ketika diucapkan Profesor Abdul Rauf demi melihat Fahry yang sangat terpukul akibat musibah dan derita yang semakin kencang melandanya. Mengingatkan bahwa hidup bukan hanya materi, prestise dan harga diri. Peringatan itu akan segera datang kepada siapa saja yang merasa sombong, bahkan ketika kesombongan hanya berada di dalam hati saja, sebelum ia sempat menunjukkannya dengan aura tubuh.

Ya Allah, jika memang kehidupan di penjara lebih berarti daripada dunia luar, maka aku lebih memilih tinggal di penjara tapi dekat dengan-Mu daripada aku hidup bersama manusia pendusta“.
Kutipan do’a Nabi Yusuf ketika menghadapi dusta dan fitnah akibat ketampanannya.

Sabar dan Ikhlas
Tidak hanya diucapkan di dunia film dan tulisan saja. Tidak juga hanya sebuah penggalan peristiwa sejarah. Tetapi Sabar dan Ikhlas, harus menjadi landasan utama penciptaan jati diri. Hayati, renungkan dan pelajari makna besar di balik kedua kata tersebut, dan percayalah hidup akan terasa lebih berarti dan menyenangkan, bagi diri maupun lingkungan. Ikhlas dalam hal apa saja, materi, fisik, harta, hati dan cinta. Masing-masing telah ditentukan porsi terbaiknya. Dia selalu memberikan yang terbaik kepada manusia yang tak pernah lelah berusaha dan berdo’a. I believe it..very very much…

About these ads

39 thoughts on “Sabar dan Ikhlas

  1. tul bget tuch. kesabaran & keikhlasan dalam menjalani hidup akan membuat hidup qta lebih bermakna. janganlah kalian menyesali kehidupan di dunia ini yg hanya bersifat sementara. n jangan pernah putus asa dalam menjalankan apapun itu. :) tetaplah tersenyum sobat….

    http://www.niktosystem.com/

  2. mau nulis ttg ini juga *baru konsep di mas noboo* tapi ternyata adikku tercinta telah posting duluan..ya wes lah, berarti telepati TKP’ers lancar *merampot kalee*
    mari jalani hidup ini dengan sabar dan ikhlas *saat ini lagi proses menuju kesana*.
    yakinlah Allah pasti memberikan pertolongan dalam menghadapi keadaan tersulit sekalipun.
    wallahu’alam

  3. Sabar & Ikhlas….
    2 kata, 2 sifat, 2 perilaku yang tidak pernah terpatri dalam raga dan jiwa seseorang yang bernama Angga. Mohon doanya agar bisa sabar dan ikhlas….

  4. Sabar yang dijalanin dengan Iklas, rewardnya mang luarbiasa…*jadi pengen* cuma kita (saya) kadang masih belom/mampu bisa menjalani sabar yang iklas..bisa sabar tapi nggak bisa iklas…selalu masih ada rasa ngedumel nya :(

    *belom nonton n agak malas mau nonton..baca novelnya lebih seru, lebih gimanaaa gitu ;) *

  5. @bg Iko
    iyah bg, lagi demam + pilek + batuk *lho, flu AAc yak?* :D

    @bg Fred
    daleem banget, saking dalemnye sampe susah nak ngeluarkannye ;p

    @Adhit
    iyah dhit, bner, lebih baik berusaha memperbaiki masa depan kan ya dibanding menyesali yang lalu-lalu, justru yang lal itu harus dijadikan bekal pengalaman untuk melangkah ke arah yang lebih baik :) Thx ya Dhit..

    @mbak Itha
    TKP’ers emang selalu ada kontak bathin yak, namanya juga sodara :D
    sama mbak, lg proses juga, smoga selalu diberi kemudahan ya, saling mendoakan mbak, tetep istiqomah :)

    @om Moto
    iyah omz…makanya seneng banget kalo dah acara ngumpul-ngumpul, mayan bisa ngurangin stress :D

    @mbak Angga
    sama-sama saling mendoakan yah mbak, kita pasti bisa InsyaAllah..

    @om Pik
    perlu belajar dan latihan om, menghilangkan penyakit hati siapa yang bilang gampang?
    kata orang-orang bukannya mending nonton pilmnya dulu, baru baca novelnya? soalnya persepsi dan sudut pandang kita bisa jadi beda antara novel dan film, dan emang teteup..dimana-mana pilm yang diangkat dari novel kebanyakan ga sebagus novelnya, yang pasti di novel lebih komplitlah.. :)

  6. sabar dan ikhlas? Mampukah?
    ..orang yang kuat itu bukan orang yang menang dalam pertarungan,
    tetapi orang yang mampu mengendalikan amarahnya..

    Seseorang tidak akan merasa tentram
    kecuali setelah dia diuji, Allah telah
    menguji Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad.
    Ketika mereka bersabar, Allah menentramkan mereka.
    Ujian yang mereka alami sangat berat hingga
    tak seorang pun menyangka bahwa mereka
    dapat terlepas dari ujian tersebut.
    Semoga kita selalu menjadi hamba-Nya
    yang sabar dan pandai bersyukur.

    fiuuhh!!! alhamdulillah..akhirnya, satu urusan
    sudah selesai dan diatasi, meski sempat tak
    lepas dari keluh kesah dan menahan amarah.
    sulitnya belajar sabar dan ikhlas
    Labels: renungan

    ==========================

    lha, katanya ga bisa berkata-kata, lha itu dapet 3 paragraf ngalah-mgalahin postinganku ko’ :D
    makasih mas no & pak’e, nambahin renungan.. :)

  7. Iya tuh mba … saya juga saat ini lagi belajar untuk senantiasa sabar dan ikhlas . Tapi kayaknya susssaaah banget deh mba …. hehehehe…. Banyak godaannya…

    Oh ya salam kenal ya mba …

  8. kok pendapat kita sama ya tentang apa yang dpt dipetik dari AAC?

    ============================

    huehe..sama ya? berarti ada hubungan bathin :p

  9. Wah anda perlu lihat review saya ttg fenomena AAC, kok kesimpulan sisi positifnya sama ya??
    Selalu semangat ngeblog mbak !!

    ==============================

    :) iyah pak..makasih ya…
    btw, ga nemu link blognyah, tar2 dikasi linknya yah pak, biar bisa cross check & nambah link yang harus dikunjungin, nambah temen nambah silaturahmi :)

  10. Terimakasih atas artikelnya,…

    Mungkin, yang kubutuhkan untuk sekarang ini adalah berusaha untuk lebih sabar, dan mencoba untuk iklas,…. semoga jalan yang dipilih oleh Allah untuk ku sakarang adalah jalan yang terbaik untukku,…

    Tambahan,… “bersyukur”,… mungkin itu kata tambahan yang tepat,…. sabar dan iklas kan lebih mudah kita jalani,.. bila kita ingat satu kata ini “bersyukur”,… bersyukur atas segala yang Dia berikan kepada kita, apapun itu bentuknya, yakinlah itu yang terbaik bagi kita, karna yang terbaik bagi kita belum tentu yang terbaik dimataNya,… Amien,…

    DOAkan ku tuk bisa ya,… hehehe,…

    Wass,
    SidiQ

  11. Terimakasih atas artikelnya,…

    Mungkin, yang kubutuhkan untuk sekarang ini adalah berusaha untuk lebih sabar, dan mencoba untuk iklas,…. semoga jalan yang dipilih oleh Allah untuk ku sakarang adalah jalan yang terbaik untukku,…

    Tambahan,… “bersyukur”,… mungkin itu kata tambahan yang tepat,…. sabar dan iklas kan lebih mudah kita jalani,.. bila kita ingat satu kata ini “bersyukur”,… bersyukur atas segala yang Dia berikan kepada kita, apapun itu bentuknya, yakinlah itu yang terbaik bagi kita, karna yang terbaik bagi kita belum tentu yang terbaik dimataNya,… Amien,…

    DOAkan ku tuk bisa ya,… hehehe,…

    Wass,
    Robiul SidiQ

  12. iya,sebagai manusia kadang kita tidak merasa kalau kita sedang berlaku sombong,kita tidak sadar kalau ternyata dihati kita ada kesombongan
    mungik tanpa sadar juga kita sering merugikan orang lain bahkan mencelakakan kerabat kita sendiri
    ya Allah,semoga aku disadarkan bila aku termasuk yang merugikan dan disabarkan jika aku termasuk yang dirugikan
    semoga apapun yang menimpaku tidak membuatku menjadi seorang penggugat atas ketetntuannya

  13. yang nama mahluk hidup, manusia tidak merasa puas apa yang di inginkannya, tapi bgi kita yng beragama terutama moeslem, ada pengendalian diri untuk mencapai ssuatu dlam bidang apa sajalah, baik sgi materi/ non materi. ujian/ cobaan akan slalu ada menghampiri, sehingga diperlukanlah suatu kesabaran & keiklasan apa yng akan trjadi, untuk menuju proses kesuksesan/kepuasan, baik secara nyata/ bathin.

  14. yah,, memang sbr itu indah,, tapi sangat susah menjalankannya.. emm,, smoga ALLAH memberikan kekuatan pada kita smw agar ttp bertawakkal.. amin

  15. sabar dan ikhlas memang mudah kita ucapkan karena sepintas terlihat simple untuk dilakukan,tetapi ketika kita dihadapkan oleh suatu masalah akan terasa berat untuk kita sabar dan ikhlas

  16. ternyata cobaan yang selalu menimpa hidupku tak bisa membuatku sesabar nabi muhammad SWT terkadang Q masih merasa berat menjalankan yang namanya sabar dan ikhlas menerima berbagai macam cobaan walaupun Q tau setiap ujian pasti punya misteri yang maha dasyat dan hikmah yang luar biasa…

  17. bener memang sabar itu susah!!!!!!!!!!!
    Tpi Qta sbgai insan yang sempurna
    G ad kta G bsa slma Qta B’usahaQja ni msh dalam proses
    cobaan yang Q alami bgitu besar
    Tp SABAR N IKHLAS it yang Q lkkan
    Cz Allah tdk akn Mngli hambaya di luar kmampuanny
    Makaaasih ……….

  18. menceritakan film nya pula kbtln gk suka film indonesia bnyk koropsinya
    maaf mbak bkn ini yg saya harapkan
    dari uraian tentang sabar dan ikhlas

  19. Ya ALLAH SWT q ankt k2 tgn q yg pnh dgn nafsu srkah dunia ini untuk memohon kpdmu agr,,, q dibrikan kekuatan untuk slalu mnjdi golongan orng2 yg sabar dan ikhlas atas smua karuniaMU yg tlh kau limpahkan padaku.AMIN

  20. Saya pernah berdoa agar Allah menjadikan saya orang yang lebih lembut, sabar dan ikhlas dalam menjalani hidup…tapi anehnya setelah saya berdoa hal-hal yang saya takutkan dan tidak saya sukai justru terjadi beruntun…seperti jatuh ke dalam tempat yang lebih dalam dan gelap…hal itu membuat saya menangis dan marah…tapi kemudian saya sadar bahwa saya sedang diuji agar saya bisa berubah menjadi sabar dan ikhlas…akhirnya saya harus berdamai dengan keadaan yang ada serta ikhlas menerima apa yang sudah ditentukan Allah…selain itu saya lebih rajin berdoa dan sabar menunggu pertolongan dari Allah…dan itulah yang menjadi kekuatan yang bisa merubah saya menjadi orang yang ikhlas dan sabar…..jadi teman-teman, jangan berharap ketika kalian ingin menjadi orang yang lebih ikhlas dan sabar maka Allah akan memudahkan semuanya….

  21. IKHLAS DAN SABAR 2KATA Y ENGGA BISA DIPISAH, KLO KITA IKLAS DAN SABAR DLM MENGHADAPI SEGALA COBAAN DARI ALLOH DAN SABAR MENUNGGU AKHIR COBAAN PASTI AKHIR COBAAN ADALAH KEBAHAGIAAN (KT GURU NGAJI SY). Memang MUDAH MENYAMPAIKAN KEPADA ORANG LAIN TAPI KLO KITA SENDIRI KENA MUSIBAH SULIT UNTUK IKHLAS DAN SABAR. Ini menimpa kpd sy, tapi Sy coba berusaha untuk ikhlas dan sabar. Sy terus berdoa memohon ke Alloh Yang Maha Penggenggam agar dilepaskan dari segala masalah dan musibah yg menimpa diri sy. Alhamdulillah satu demi satu masalah terselesaikan walau belum semuanya. Yg penting terus berusaha dan memohon kepadaNya agar terlepas dari segala kesulitan, dipermudah segala urusan, dilimpahkan rezekiNya, dijauhkan dari larangannya, Yg tepenting perbaiki lagi Ibadahnya. Insyaalloh Ilmu Ikhlas dan Sabar akan kita perleh. Amiiinn…

  22. Terkadang kita sudah berbuat jujur dan kerja maksimal.. yah katakanlah kita sudah berupaya untuk menanam sesuatu yang maniez, namun hasilnya ternyata PAHIT jua. Kalo seperti ini bisakah semua orang berbuat Sabar dan Ikhlas?.. Tanyakan pada diri kita sendiri, karena hati kita yang tahu jawabannya dan ia tidak mungkin moenafieq.

  23. sabar nda ada batas karena batasnya antara raga dan jiwa itu sendiri.
    waktu ato jaman dimana si pelaku sudah dalam niat yang kukuh bahwa harus ada berubah….tentu tidak lepas dari masalah begitu saja..ia terbawawa dalam amal kelak di hari yang telah dijanjikan tersangkut dalam redho ilahi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s